MENLU AS: "TIDAK ADA GENCATAN SENJATA DI UKRAINA, KECUALI..."

MENLU AS: "TIDAK ADA GENCATAN SENJATA DI UKRAINA, KECUALI..."
Foto: REUTERS/DAVID DEE DELGADO

Berita dari AP mengatakan,  bahwa Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken mengatakan Jumat, 2 Juni 2023,  tidak akan ada gencatan senjata dalam perang di Ukraina kecuali jika itu adalah bagian dari kesepakatan damai yang "adil dan abadi" yang mencakup penarikan militer Rusia.

AP adalah Associated Press,  sebuah kantor berita nirlaba yang berkantor pusat di New York City. Didirikan pada tahun 1846, kantor berita ini beroperasi sebagai sebuah koperasi. Anggota AP adalah sejumlah penerbit koran dan lembaga penyiaran asal Amerika Serikat.

Blinken selanjutnya mengatakan bahwa “gencatan senjata yang hanya membekukan jalur saat ini” dan memungkinkan Presiden Rusia Vladimir Putin “untuk mengkonsolidasikan kendali atas wilayah yang telah dia bantah, dan beristirahat, mempersenjatai kembali, dan menyerang kembali—itu bukanlah perdamaian yang adil dan abadi. ”

Rusia juga harus membayar bagian dari rekonstruksi Ukraina dan meminta pertanggungjawaban atas peluncuran invasi skala penuh ke tetangganya pada Februari 2022, kata Blinken dalam pidato selama kunjungan ke Finlandia, yang baru-baru ini bergabung dengan NATO (Pakta Pertahanan Atlantik Utara) dan berbagi perbatasan panjang dengan Rusia.

Mengizinkan Moskow mempertahankan seperlima wilayah Ukraina yang telah didudukinya akan mengirim pesan yang salah ke Rusia dan “calon agresor lainnya di seluruh dunia,” menurut Blinken

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SUWIRJO PANTAS MENJADI PAHLAWAN NASIONAL 2023

PARA WARTAWAN YANG SAYA KENAL

Thaha al-Hamid Bertemu Anies Baswedan